Kamis, 23 Juni 2016

Praktik Kerja Lapangan Pada Alfamart Branch Medan


LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA
PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA, Tbk -
ALFAMART DR MANSYUR
MERDEKA ( W303 )
 AREA MEDAN




Disusun sebagai Satu Syarat Menyelesaikan
Pendidikan Program Diploma 3







Oleh
RAJA TUMPAK SIGALINGGING
NIM 1305092288







Description: Description: Description: F:\ \SIGALINGGING\Semester I\gambar\polmedddd.jpg
 
















PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS
JURUSAN ADMINISTRASI NIAGA
POLITEKNIK NEGERI MEDAN
MEDAN 2016


LEMBAR PENGESAHAN


LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA
PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA, Tbk -
ALFAMART DR MANSYUR
MERDEKA ( W303 )
 AREA MEDAN



LAPORAN INI TELAH DISETUJUI OLEH

Medan,  Juni  2016
Dosen Pembimbing



Mardhiatul Husna, S.T.,M.Cs.
NIP 19811202 200912 2 002

 
PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk -
Alfamart Dr Mansyur Merdeka ( W303 )
Asistent Chief Of Store





Roma Arta Nauli Siringo - Ringo
NIK 1211 4997
 
 








Ketua Jurusan Administrasi Niaga




Nursiah Fitri, S.E., M.Si
NIP 19640222 199003 2 003


KATA PENGANTAR


Puji syukur kepada Tuhan Yesus Kristus oleh karena kasih karunia-Nya yang senantiasa menyertai, menuntun, melindungi, mengasihi, dan memberkati penulis selama ini dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan yang dilaksanakan pada PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk -Alfamart Dr Mansyur Merdeka ( W303 ) Area Medan hingga selesai.
Laporan Praktik Kerja Lapangan ini dilaksanakan sebagai satu syarat untuk menyelesaikan Pendidikan Program Diploma 3 Program Studi Administrasi Bisnis, Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan. Oleh karena itu, penulis banyak mendapatkan bantuan, dukungan dan juga bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.    M. Syahruddin, S.T.,M.T., Direktur Politeknik Negeri Medan.
2.    Nursiah Fitri, S.E.,M.Si., Ketua Jurusan Administrasi Niaga.
3.    Safaruddin, S.E.,M.Si., Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Medan
4.    Vivianti Novita, S.E.,M.Si., Ketua Program Studi D3 Jurusan Administrasi Bisnis
5.    Mardhiatul Husna, S.T.,M.Cs., Dosen Pembimbing dalam menyelesaikan penulisan Laporan Praktik Kerja Lapangan ini.
6.    Roma Arta Nauli Siringo - ringo, Asisten Chief Of Store Alfamart Dr Mansyur Merdeka ( W303 )
7.    Seluruh karyawan Alfamart Dr Mansyur Merdeka ( W303 ) Area Medan
8.    Teman-teman seperjuangan di AB-6L yang telah memberikan dukungan, terkhusus sahabat yang penulis kasihi Dolly Danang Parlindungan Pasaribu dan Andriani Rumatiga yang masih setia menemani dan memberi semangat hingga Laporan Praktik Kerja Lapangan selesai.
Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk orang tua yang penulis kasihi, Mamak (R. Hasugian), saudara-saudari penulis, Rotua Sigalingging, Lestia Sigalingging, Nuridawati Sigalingging, Trihot Marsada Sigalingging yang telah memberikan doa, cinta kasih, motivasi, dorongan dan materi.
Akhirnya penulis mengharapkan adanya saran dan kritik dari pembaca untuk penyempurnaan dalam laporan PKL ini, dan semoga Laporan ini bermanfaat bagi para pembaca.



Medan,   Juni  2016
Penulis


Raja Tumpak Sigalingging
NIM 1305092288


DAFTAR ISI


Halaman
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR                                                                                    i
DAFATAR ISI                                                                                                iii
DAFTAR LAMPIRAN                                                                                  iv
BAB 1 PENDAHULUAN                                                                              1
1.1  Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan                                             1
1.2  Tujuan Praktik Kerja Lapangan                                                           2
BAB 2 PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN                     4
2.1  Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan                                  4
2.2  Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan                                    4
2.3  Tugas-Tugas Yang Dikerjakan Selama PKL                                     5
BAB 3 PENUTUP                                                                                        21
3.1  Simpulan                                                                                                 21
3.2  Saran                                                                                                       22
LAMPIRAN







DAFTAR LAMPIRAN
1.    Daftar Nilai Perusahaan
2.    Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 1
3.    Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 2
4.    Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 3
5.    Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 4
6.    Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 5
7.    Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 6
8.    Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 7
9.    Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 8
10. Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 9
11. Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 10
12. Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 11
13. Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 12
14. Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 13
15. Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 14
16. Laporan Praktik Kerja Lapangan Minggu 15




BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan
Pendidikan Akademik merupakan pendidikan yang mengarah pada penguasaan Ilmu Pengetahuan sedangkan Pendidikan Profesional lebih mengarah kepada kesiapan penerapan suatu keahlian tertentu. Politeknik Negeri Medan mempunyai misi menghasilkan tenaga kerja yang terampil yang dapat mendukung suatu kegiatan. Program Pendidikan Politeknik Negeri Medan diharapkan mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas serta mampu berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.
Politeknik Negeri Medan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi profesional serta memiliki tingkah laku profesional pula yang dibentuk didalam kampus maupun diluar kampus. Salah satu wujud pelaksaan pendidikan yang dilakukan Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Negeri, yaitu setiap tahun sejak 1986 mewajibkan mahasiswa melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di suatu Perusahaan Swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serta Instansi Pemerintah khususnya pada bidang yang sesuai dengan penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh. Berdasarkan Kurikulum tahun 2012 Jurusan Administrasi Niaga Program Studi Administrasi Bisnis ditetapkan bahwa pelaksanaan PKL diadakan pada semester 6 selama 3 bulan.
Dengan adanya Praktik Kerja Lapangan (PKL) tersebut, diharapkan mahasiwa dapat memiliki gambaran tentang kondisi nyata di dunia kerja dan menambah pengalaman serta pengetahuan yang lebih luas yang mungkin tidak diperoleh selama di bangku kuliah. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan merupakan upaya untuk meningkatakan mutu mahasiswa tamatan Politeknik Negeri Medan dalam mencapai tujuan pendidikan dan kebutuhan tenaga kerja yang meliputi kemampuan dalam bekerja, motivasi kerja, inisiatif dan kreatifitas, hasil pekerjaan yang berkualitas serta disiplin waktu.

1.2 Tujuan Praktik Kerja Lapangan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) sebagaimana telah ditetapkan dalam kurikulum program pendidikan Politeknik Negeri Medan, memiliki tujuan yang ingin dicapai. Adapun tujuan pelaksanaannya:
1.    Salah satu hal yang diwajibkan bagi setiap mahasiswa untuk memenuhi syarat pembuatan Tugas Akhir Diploma III di Politeknik Negeri Medan.
2.    Mahasiswa dapat menerapkan dan membandingkan Ilmu Pengetahuan yang bersifat teori dengan yang bersifat praktik di dunia kerja yang sebenarnya.
3.    Menambah pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa serta dapat dijadikan sebagai modal untuk bekerja disuatu perusahaan.
4.    Mahasiswa dapat mengenal lebih dekat tentang dunia kerja dan membangun kesiapan mahasiswa dalam menghadapi situasi dan kondisi kerja.
5.    Meningkatkan kerjasama antara Politeknik Negeri Medan dengan Perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja siap pakai.



















BAB 2
PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)


2.1 Tempat Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Adapun tempat pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL), yaitu:
Nama Perusahaan              : PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA, Tbk  
  Alfamart Dr Mansyur Merdeka (W303)
  Area Medan
Alamat                                    : Jalan Dr. Mansyur No 68D Pintu 3 USU
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang retail, yaitu menjual barang-barang kebutuhan pokok dan sehari-hari. Kini perusahaan ini telah berkembang dengan pesat seiring dengan berjalannya waktu, dan tentunya sudah mempunyai cabang-cabang yang telah tersebar diseluruh Indonesia dengan nama alfamart.
Visi dari alfamart adalah : Menjadi jaringan distribusi retail terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen, serta mampu bersaing secara global.

2.2 Waktu Pelaksanaaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Berdasarkan Kurikulum tahun 2012 Program Studi Administrasi Bisnis Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan ditetapkan bahwa pelaksanaan PKL diadakan pada semester 6 selama 3 bulan. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dilaksanakan pada mulai tanggal 1 Maret sampai dengan 31 Mei 2016.

2.3 Tugas-Tugas Yang Dikerjakan Selama PKL
Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan pada PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk - Alfamart Dr Mansyur Merdeka (W303) Area Medan, antara lain:

2.3.1     Pemajangan Barang
Pemajangan barang  merupakan suatu kegiatan rutin yang selalu penulis lakukan setiap hari di toko Alfamart dr mansyur merdeka ( w303) selama dalam mengikuti praktik kerja lapangan. Pemajangan barang dilakukan di rak sesuai dengan ketentuan planogramnya. Planogram merupakan ilmu dan seni optimalisasi penggunaan rak pajang. Planogram dikatakan sebagai ilmu karena dalam pembentukan planogram terdapat muatan perhitungan matematis yang berhubungan dengan penempatan item barang di rak penjualan. Sedangkan planogram dikatakan sebagai seni, karena didalam pemajangan item barang di rak penjualan diperlukan unsur-unsur estetika (seni) dengan tujuan menarik dan memikat perhatian konsumen sehingga tercipta proses pembelian terencana maupun tanpa perencanaan. Pemajangan barang - barang tersebut penulis lakukan di area sales, dan area gudang.
Adapun tujuan utama dalam melakukan pemajangan barang  di area sales adalah :
1.    Menjadikan penampilan produk lebih menarik
2.    Membangkitkan minat konsumen untuk membeli
3.    Menampilkan informasi produk
4.    Menjamin keamanan produk
5.    Mengingatkan rencana belanja konsumen

Selain melakukan pemajangan barang di area sales, penulis juga melakukannya  di area gudang yang bertujuan untuk :
1.    Mempermudah dalam pencarian barang
2.    Menjaga selalu kerapian gudang
3.    Menjamin keamanan produk
4.    Mengelompokkan produk sesuai kategori.
Dalam melakukan pemajangan barang tersebut, beberapa hal yang harus penulis persiapkan terlebih dahulu adalah dengan mempersiapkan hal – hal sebagai berikut :
a.    Mempersiapkan planogram rak dan ditempelkan di rak
b.    Mempersiapkan sarana pendukung kebersihan seperti lap basah dan pembersih
c.    Melakukan cek terhadap kelengkapan label price dan produk jika terdapat label price yang kosong maka harus dicatat dan dibuatkan label price
d.    Melakukan cek terhadap produk layak jual dan layak konsumsi
e.    Membersihkan produk kotor sebelum dilakukan display
Dalam melakukan pemajangan barang  perlu diperhatikan beberapa prosedur yang ada untuk menghindari terjadinya kesalahan – kesalahan yang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan konsumen dalam berbelanja, prosedur tersebut antara lain sebagai berikut:
a.    Full display yaitu produk terpajang penuh dirak penjualan
b.    Pen-display-an sesuai dengan planogram
c.    FEFO yaitu memajang dengan cara produk yang paling mendekati expired terpajang paling depan
d.    Menghindari produk yang cacat fisik di rak penjualan
e.    Menghindari produk expired terpajang di rak penjualan
f.     Memastikan kondisi rak penjualan dan kondisi produk dalam keadaan bersih
g.    Memisahkan produk sesuai kategori
h.    Memastikan setiap produk memiliki label price.

2.3.2    Menjalin Hubungan Baik Dengan Lingkungan Sekitar Toko
Dalam toko alfamart hubungan baik dengan lingkungan sekitar toko baik itu lingkungan eksternal maupun internal sangatlah perlu diperhatikan. Beberapa cara penulis dalam menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar toko antara lain:
1.    Lingkungan Eksternal
Menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan eksternal sekitar toko seperti tetangga toko, penjaga toko, tukang parkir, masyarakat setempat, keamanan lingkungan, petugas kebersihan sangatlah perlu di lakukan karena ini sangat mempengaruhi kenyamanan Toko serta berpengaruh terhadap tingkat penjualan di toko alfamart dr mansyur merdeka (w303). Selama melakukan praktik kerja lapangan, penulis selalu berusaha menjalin hubungan baik dengan lingkungan sekitar dan  menjaga nama baik dari toko alfamart dr mansyur merdeka (w303) tersebut.
2.    Lingkungan Internal
Hubungan keakraban sesama karyawan di toko sangat penting di budidayakan. Integritas yang tinggi serta kerjasama team yang baik adalah salah hal dalam mempermudah dan mempercepat pekerjaan-pekerjaan di toko alfamart dr mansyur merdeka (w303). Dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan, penulis berusaha membudidayakan keakraban serta kerja sama team yang baik dengan sesama karyawan di toko alfamart dr mansyur merdeka (w303) sehingga terciptanya kenyamanan konsumen dalam berbelanja di toko alfamart dr mansyur merdeka (w303).

2.3.3     Melakukan Pencegahan dan Pengawasan Barang Hilang
Selama melakukan praktik kerja lapangan, penulis juga memperhatikan beberapa hal yang menyebabkan terjadinya barang hilang di toko. Barang hilang dapat terjadi akibat beberapa penyebab, yaitu internal administrasi dan eksternal. Sebagai crew store penulis  memiliki komitmen untuk menjaga barang dagangan dengan baik. Penulis sebagai Pramuniaga melakukan pengawasan saat kondisi toko ramai, pengawasan dilakukan sambil display dan facing out agar customer tidak merasa diawasi dan tetap merasa nyaman berbelanja. Cara lain yang dapat mengurangi sindikat adalah dengan memperbaiki pelayanan dan penawaran, penulis sebagai pramuniaga harus aktif menyapa customer  saat berpapasan di area sales agar customer juga merasa diperhatikan, sehingga bisa mengurangi niat-niat buruk calon sindikat. Barang hilang yang diakibatkan oleh kesalahan administrasi salah satunya adalah ketika cek dan receipt barang. Kebiasaan manual barang yang dilakukan personil toko kalau lupa mentransaksikan ke komputer juga dapat menyebabkan barang hilang.

2.3.4    Penurunan Penerimaan Barang dari Distribution Center (DC)
Penurunan dan proses penerimaan barang yang datang dari Distribution Center juga penulis lakukan selama praktik kerja lapangan. Adapun prosedur penerimaan barang yang dilakukan adalah berikut penulis uraikan :
A.   Kedatangan Barang
1.    Parkir Truk
2.    Pejabat toko mengambil kunci dan mengecek dalam keadaan segel, jika segel dalam kondisi terbuka maka pejabat akan melakukan koordinasi dengan Area Manager
3.    Membuka gembok
4.    Penurunan barang, proses penurunan barang dilakukan secara estafet dan barang yang diturunkan tidak boleh dilempar
5.    Pemisahan barang kartonan dan container ( kontainer berisi rokok dan susu dipisahkan terlebih dahulu)
6.    Pengelompokan berdasarkan nomor urut.

B.   Pengecekan barang
Setelah proses penurunan barang selesai, proses selanjutnya adalah pengecekan barang tersebut. Berikut adalah hal – hal yang dilakukan dalam pengecekan barang yang datang dari Distribution Center:
1.    Membawa faktur dan alat tulis
2.    Menghitung kuantitas barang, untuk kontainer berisi susu dan rokok mendapatkan perlakuan khusus.
3.    Membuka kontainer dan menghitung kuantitas
4.    Mencocokkan fisik barang dengan faktur
Apabila terdapat ketidaksesuaian kuantitas maupun jenis barang  yang dikirim, maka dilakukan retur ke Distribution Center (DC) seperti Barang Tidak Ada (BTA), Barang Kurang (BK), Barang Rusak Pengiriman (BRP), Salah Barang (SB), Barang Lebih (BL), dan Barang Non Faktur (BNF). Untuk barang lebih maka barang dikembalikan dengan menggunakan Surat Jalan Internal (SJI). Setelah selesai pengecekan barang maka semua produk dimasukkan kedalam kontainer kemudian dibawa ke gudang. Untuk pen-display-an  barang di pisahkan terlebih dahulu antara barang food dan non food dengan menggunakan metode First Expired First Out (FEFO).
Setelah selesai proses pengecekan barang, hal yang dilakukan selanjutnya adalah  menerima dan menyimpan data barang tersebut ke  komputer server melalui e-mail yang dikirimkan oleh admin PO. Tahapnya adalah sebagai berikut :
a.    Membuka e-mail dari admin PO , kemudia save attachment yang telah dikirim oleh admin PO setelah itu keluar dari e-mail.
b.    Pada layar Store Information System (SIS) klik menu proses
c.    Memiilih update PO
d.    Mengatur tanggal sesuai tanggal PO yang terdapat di e-mail kemudian klik proses
e.    Mengisi tanggal PO sesuai e-mail dari admin PO
f.     Mengklik proses
g.    Setelah klik proses, maka data barang - barang tersebut semuanya otomatis sudah tersimpan di komputer server dan siap untuk dilakukan transaksi secara komputerisasi.

2.3.5    Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan
Pelayanan merupakan salah satu hakekat bisnis retail, dan sekarang sudah menjadi tema kerja Alfamart, yaitu “jadikan pelayanan sebagai strategi untuk memenangkan persaingan”. Standar pelayanan yang sudah ditetapkan harus dijalankan oleh personil toko karena pelayanan ini akan ditunjukkan untuk membangun brand awareness customer akan toko Alfamart. Pelayanan yang dilakukan penulis  yaitu greeting dan grooming.
Greeting merupakan bentuk pelayanan secara langsung yang dilakukan kepada customer sehingga menimbulkan keakraban. Pelayanan yang penulis lakukan dalam bentuk greeting adalah:
1.    Menyapa customer
2.    Menawarkan keranjang kepada customer
3.    Mengucapkan terima kasih kepada customer
4.    Menyebutkan nama customer sebagai bentuk apresiasi
Grooming merupakan bentuk pelayanan yang dilakukan secara tidak langsung kepada customer sehingga menimbulkan kenyamanan bagi customer dalam berbelanja. Fungsi grooming adalah terciptanya kenyamanan konsumen dalam berbelanja, terciptanya kenyamanan dalam bekerja, terciptanya loyalitas konsumen toko, pendapatan toko meningkat, berdampak pada kepuasan konsumen, serta brand image akan toko alfamart.
Salah satu pelayanan Grooming yang penulis lakukan adalah :
A.   Kebersihan dan kerapian diri
Tangan dan Kuku
a.    Menjaga kebersihan tangan
b.    Menjaga kerapian dan kebersihan kuku
Gigi dan Mulut
a.    Menjaga kebersihan dan kesegaran mulut
b.    Menjaga kebersihan gigi
Wajah
a.    Bersih
b.    Tidak berkumis, jambang, dan jenggot
Rambut
a.    Pendek tidak  melebihi kerah baju
b.    Bersih
c.    Tatanan rambut rapi
B.   Pakaian
a.    Atasan: baju putih, dimasukkan kedalam celana
b.    Bawahan: celana jeans hitam polos, model standar
c.    Menggunakan ikat pinggang warna hitam polos
C.   Sepatu
a.    Menggunakan sepatu kets bertalih putih
b.    Kaos kaki warna hitam polos
D.   Kebersihan dan Kerapian Toko
Halaman toko
a.    Halaman parkir bersih, tidak berlubang, dan bebas dari bau tidak sedap
b.    Halaman teras bersih lantai, kaca bersih
Area Sales
a.    Lantai bersih dan tidak berlubang
b.    Dinding bersih dan warna cerah
c.    Langit-langit bersih dan tidak bocor
d.    Rak harus bersih
e.    Produk ter-display rapi, bersih, dan tidak rusak
f.     Chiler/freezer dingin, terang dan bersih
g.    Keranjang bersih dan kondisi baik
h.    Area sales wangi, sejuk, musik, terang dan atribut promosi menarik

2.3.6    Informasi dan Penawaran Program Promosi
Informasi dan penawaran promosi juga penulis lakukan selama melakukan praktik kerja lapangan di toko alfamart dr mansyur merdeka (w303). Promosi dan penawaran tersebut merupakan suatu kegiatan atau aktifitas yang menciptakan atau meningkatkan permintaan konsumen di toko tersebut. Adapun tujuan dari promosi yang dilakukan  adalah sebagai berikut:
1.    Memelihara informasi tentang suatu produk
2.    Menarik perhatian customer terhadap suatu produk
3.    Mambidik sasaran customer
4.    Meningkatkan kembali akan keberadaan suatu produk
5.    Meyakinkan customer tentang kualitas suatu produk
Sedangkan tujuan dari penawaran yan dilakukan adalah sebagai berikut:
1.    Menciptakan permintaan
2.    Meningkatkan image produk
3.    Meningkatkan penjualan
4.    Meningkatkan jumlah customer
2.3.7    Melaksanakan Kebersihan
Dalam melaksanakan kebersihan rak, penulis menyempatkan untuk membersihkan dua rak setiap mendapatkan shift. Untuk detail aktifitas kebersihan rak yang dilakukan oleh penulis akan dijelaskan sebagai berikut:
1.    Mencetak planogram rak yang akan dibersihkan
2.    Mempersiapkan peralatan kebersihan seperti lap basah, cairan pembersih, kontainer kosong atau keranjang.
3.    Menempel planogram di rak
4.    Menurunkan barang ke kontainer di mulai dari selving paling atas
5.    Menyemprotkan cairan pembersih ke selving kemudian mengelap selving
6.    Membersihkan barang yang sudah diletakkan ke kontainer sekaligus mengecek tanggal kadaluarsa produk tersebut.
7.    Meletakkan kembali barang ke sesuai planogram ke selvingnya.
8.    Mengecek rak apakah terdapat label price yang kosong atau tidak update
Target dari kebersihan rak adalah dua rak perhari dengan jumlah hari kerja 20 hari, maka total target keseluruhannya adalah membersihkan 40 rak. Akar masalah dari kebersihan rak ini adalah perlu ditingkatkannya kebersihan rak sebagai bagian dari pelayanan tidak langsung kepada customer, selain itu dengan membersihkan rak crew store diharapkan melaksanakan pengecekan terhadap barang, sekaligus menambah product knowledge. Kendala utama dari kebersihan rak ini adalah tingginya intensitas toko sebagai crew store penulis harus tetap mengendepankan pelayanan kepada customer. Selain itu, kendala yang sering terjadi adalah ketika membersihkan rak yaitu kedatangan barang dari Distribution Center, saat barang datang maka penulis mendahulukan proses penerimaan barang dari Distribution Center.

2.3.8    Persiapan Retur Barang
Retur dilakukan apabila ada pengembalian barang dari toko ke Distribution Center, bisa karena barang rusak, ataupun barang tersebut expired. Jika menemukan barang expired atau barang rusak, ketika kebersihan ataupun display barang, maka barang tersebut penulis letakkan ke pos retur dan memisahkan berdasarkan kategori food dan non food dan barang rusak atau barang expired.
 Secara detail urutan dalam melakukan retur barang ke Distribution Center adalah sebagai berikut:
1.    Menyiapkan produk yang akan di retur
2.    Memisahkan antara barang food dan non food yang akan di retur
3.    Memasukkan barang yang sudah dipisahkan ke dalam kardus
4.    Menempelkan Nota Retur Barang atau NRB (warna kuning) di bagian atas kardus sesuai item retur
5.    Melaporkan kepada pejabat toko bahwa yang akan di retur sudah dipersiapkan untuk dibuatkan Nota Retur Barang oleh pejabat toko
6.    Menyiapkan barang dagangan yang sudah dibuatkan Nota Retur Barang
7.    Memasukkan kardus ke dalam mobil DC usai penurunan barang dagangan.
Untuk retur Barang Kirim Langsung (BKL) dilakukan langsung kepada supplier  yang bersangkutan secara langsung apabila kedatangan Barang Kirim Langsung (BKL), urutan retur kepada supplier adalah sebagai berikut:
1.    Menyiapkan barang yang rusak untuk diganti langsung (tukar guling) dengan barang yang baik oleh supplier Barang Kirim Langsung ( dalam hal ini tidak ada administrasi retur)
2.    Mengeluarkan barang dagangan/produk yang akan di retur ke supplier Barang Kirim Langsung  dari freezer.
3.    Memasukkan produk yang akan di retur kedalam plastik /kardus
4.    Menyerahkan kepada pejabat toko barang yang akan di retur agar diminta form persetujuan dari supplier Barang Kirim Langsung
5.    Pejabat toko membuat Nota Retur Barang (NRB)
6.    Menyerahkan barang atau produk yang sudah dibuatkan Nota Retur Barang ke supplier BKL.

2.3.9    Melakukan Standart Percakapan di Toko Alfamart (W303)
Pada era modern sekarang, perusahaan ritel seperti alfamart sudah membudidayakan standart percakapan di alfamart demi membangun brand awareness customer akan toko Alfamart. Pada toko afamart prosedur pelayanan percakapan memiliki Standar Operational Prosedur  yang sudah ditentukan. Standart percakapan pada toko alfamart memiliki beberapa prosedur. Sebagai crew store penulis juga melakukan tahap percakapan tersebut. Adapun prosedur pelayanan pada toko alfamart yang penulis lakukan di toko alfamart dr mansyur merdeka (w303) adalah:
Area pintu masuk :
1.    SIAP
Memperhatikan sikap tubuh dan kontak mata
2.    SAPA
Mengucapkan greeting “selamat pagi/siang/sore/malam”
3.    SAMBUT
Mengucapkan, “selamat datang di alfamart”
4.    SENYUM
Memastikan selalu tersenyum ramah

Area sales :
1.    SAPA
Mengucapkan greeting “ selamat pagi/siang/sore/malam
2.    SEBUT NAMA
Menyebutkan nama dengan jelas “ dengan saya raja”
3.    TAWARKAN
Menawarkan bantuan dengan ramah “ ada yang dapat saya bantu Bu/Pak?” jika konsumen menolak < “baik Bu/Pak, jika membutuhkan bantuan silahkan panggil saya, raja”
4.    TERIMA KASIH
Mengucapkan terima kasih setelah membantu konsumen “ Terima kasih Bu/Pak, selamat berbelanja”

Area pintu keluar:
1.    TERIMA KASIH
Mengucapkan terima kasih “terima kasih”
2.    UNDANGAN
Mengundang konsumen dengan ucapan, “silahkan datang kembali”


2.3.10 Melakukan Penanganan komplain Pada Toko Alfamart (W303)
Dalam menjalankan keseluruhan prosedur dan operasional yang ada di toko alfamart, store crew maupun pejabat toko akan menjalankan komplain dari konsumen baik itu permasalahan intern maupun extern. Pada dasarnya konsumen akan komplain apabila konsumen merasa bahwa:
1.    Dirugikan
2.    Barang rusak/barang expired
3.    Tidak puas terhadap pelayanan toko
4.    Peraturan baru
5.    Terkesan dipaksakan
Sebagai store crew penulis harus dapat berkomunikasi dengan baik dan melakukan penanganan komplain dari konsumen dengan mengucapkan kata “maaf” lalu melanjutkan dengan menjelaskan permasalahan yang dihadapi. Buatlah konsumen merasa dihargai dengan kata maaf dan penjelasan yang telah diberikan oleh store crew.
Pengalaman penanganan komplain yang pernah dialami penulis antara lain:
a.    Komplain karena harga tidak sesuai dengan label price yang sudah dicantumkan
b.    Komplain karena kondisi barang yang rusak
c.    Komplain karena e-transaction tidak berfungsi dengan baik
d.    Komplain karena kesalahan pada pengembalian uang kasir
e.    Komplain karena tidak mengerti persyaratan dan program promo dan marah kepada kasir
f.     Komplain karena menuduh karena donasiku pada rumah layak huni dan kacamata gratis
g.    Komplain dan Kecewa dengan peraturan pemerintah dengan plasitik berbayar Rp 200 pada toko alfamart


BAB 3
PENUTUP


3.1 Simpulan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan yang harus dilakukan mahasiswa untuk mempraktikkan Ilmu Pengetahuan, keahlian, pengalaman dan wawasan yang diperoleh selama kuliah sesuai bidang dan keahlian masing-masing dunia kerja.
Praktik Kerja Lapangan telah memberikan gambaran tentang kualifikasi kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan mengenai dunia kerja, tentang bagaimana melaksanakan pekerjaan dan mempertanggung jawabkan pekerjaan yang dilakukan. Praktik Kerja Lapangan (PKL) juga mengajarkan dan mendidik Mahasiswa tentang pentingnya disiplin kerja agar dapat mencapai tujuan yang diharapakan. Setelah penulis melaksankan Praktik Kerja Lapangan (PKL) adapun kesimpulan yang didapatkan, yaitu:
1.    Toko Alfamart Dr Mansyur Merdeka (w303) merupakan toko yang memiliki intensitas customer yang tinggi desebabkan oleh beberapa faktor seperti lokasi, dan kondisi demografis. Selama melakukan Praktik Kerja Lapangan, sebagai Crew Store, penulis dapat mengetahui dan belajar tentang aktivitas utama toko yaitu proses penerimaan barang baik itu dari DC ataupun supplier, proses pengelolaan barang di toko sampai dengan proses keluar barang.
2.    Toko alfamart Dr Mansyur Merdeka sudah melakukan tiga aktifitas utama dengan cukup baik, namun masih terdapat kekurangan dalam hal ketelitian, mengingat toko alfamart dr mansyur merdeka merupakan toko dengan intensitas customer yang sangat tinggi, maka personil toko lebih mementingkan kecepatan dibandingkan ketepatan. Selain ditugaskan untuk mengetahui aktifitas utama toko, penulis juga diberikan  Key Performance Indikator (KPI) yang harus dijalankan.

3.2 Saran
Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan merupakan suatu kegiatan yang memberikan dampak positif bagi mahasiswa untuk dapat mengetahui hal-hal yang dapat mendidik mahasiswa pada situasi kerja yang sebenarnya.
Setelah melaksanakan Praktik Kerja Lapangan ini, saran penulis  yang dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan dalam rangka pembuatan Laporan Praktik Kerja Lapangan dan dapat menjadi masukan kepada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, - Alfamart Dr Mansyur Merdeka (W303)  Area Medan adalah:
1.    Toko alfamart Dr Mansyur Merdeka adalah toko yang SPD dan STD yang tinggi. Namun sangat disayangkan jumlah personil toko yang ada sangat terbatas dan belum ada jabatan seorang kepala toko atau COS. Saat ini jumlah personil toko berjumlah 8 orang dengan rincian 3 orang  ACOS, 2 orang Crew Store, dan 3 orang kasir. Penulis menyarankan adanya penambahan jumlah personil toko untuk peningkatan perfoma toko, terkhusus penambahan untuk seorang COS.
2.    Toko Alfamart Dr mansyur Merdeka seharusnya perlu ditambah fasilitas lain seperti ATM BRI, BNI, BCA, MANDIRI dan lain sebagainya karena toko ini adalah salah satu toko yang sangat ramai pengunjungnya yang dekat dengan daerah kampus Universitas Sumatera Utara, letak di samping Rumah Sakit Umum Universitas Sumatera Utara, dekat dengan kampus Politeknik Negeri Medan, dan dekat dengan rumah makan besar seperti ayam penyet ria, dunkin donat. Dengan adanya fasilitas – fasilitas yang memadai maka membuat para customer betah dan tidak akan ada kendala dalam berbelanja dan selalu datang ke toko Alfamart Dr Mansyur Merdeka (W303).

2 komentar: